Fenomena Supermoon

Hari minggu, 3 Desember 2017, ada sesuatu yang spesial di langit. Teman-teman yang daerah rumahnya tidak mendung, pasti melihat sesuatu yang sangat cerah di langit: ya, itu bulan! Bukan bulan biasa, tapi supermoon! Apa sih supermoon itu?

Mengutip dari Wikipedia, Bulan super adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (apsis/perigee). Istilah ini tidak diterima secara luas, terutama di kalangan ilmuwan. Secara spesifik, bulan super bisa merupakan bulan purnama atau bulan baru, yang jaraknya dengan bumi sekitar 10% atau kurang dari jarak lintasannya dengan bumi. Ketika fenomena ini terjadi, bulan nampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.

Temen-temen sadar ngga sih, bulannya jadi lebih besar lho! Ngga percaya? Cek aja nih foto-foto yang sudah mimin kumpulkan!










Mimin berhasil mengabadikan supermoon tersebut bermodalkan teleskop Astromaster LT 70AZ dan ponsel Samsung A5!
Penampakan Astromaster LT 70AZ

Keren banget kaaan??? Penasaran gimana caranya? Ayo gabung ke Astronomy Gathering di SMPIT Al 'Ashar! Kita bakal sering diskusi dan cerita tentang dunia astronomi lho, dan pastinya neropong benda langit!

Yayasan Nurnila

2 komentar: