Program Unggulan; Path of The Champion


Merupakan program talent management yang dirancang secara sistematis dan kontinu. Tahapan talent management dimulai sejak siswa mendaftar, yakni berupa talent mapping yang dilakukan bersama dengan ujian masuk. Setelah siswa diterima dan dipetakan, maka tahapan talent development dilakukan secara terintegrasi dengan ekstrakurikuler dan program unggulan lainnya sesuai dengan potensi dan minat siswa. Tujuan dari program ini adalah agar siswa dapat mengenali dan mengembangkan potensi diri, serta berkompetisi pada perlombaan berbagai tingkat. Program ini mengakomodir, membina, serta mengaktualisasikan potensi individu siswa. Berlandaskan asas individual difference, program ini secara khusus dirancang sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa, mencakup akademik dan non-akademik. Program ini juga berfungsi sebagai wadah aktualisasi siswa dalam mengenali bakat dan potensi yang dimilikinya. Talent and personality assessment yang dilakukan saat siswa mendaftar adalah:

1. Holland’s career test (RIASEC)
Tes ini mengukur preferensi atau kecenderungan seseorang terhadap pekerjaan tertentu berdasarkan karakter seseorang. Dengan mengikuti tes ini, siswa dan orang tua dapat mengetahui kecenderungan pilihan karir untuk masa depan nantinya. Tes ini bukanlah menjadi pembatas potensi dan pilihan siswa untuk karir masa depannya, tetapi berfungsi sebagai arahan yang dapat diberikan agar siswa memiliki pertimbangan dalam menentukan peminatan yang akan dijalaninya.

2. Big-Five Inventory test
Tes yang mengukur personality trait atau kecenderungan karakter seseorang berdasarkan empirical measurement. Siswa akan dibantu mengenali karakter mereka yang nantinya akan berguna sebagai bahan pertimbangan dalam memilih peminatan, kecenderungan gaya belajar, serta pengembangan diri lainnya.

Sedangkan ekstrakurikuler yang ada di dalam kurikulum sekolah adalah:

1. Jurnalistik
Kegiatan ekstrakulikuler yang mencakup kegiatan peliputan, pengolahan, serta penyajian data dan informasi kepada khayalak. Ekskul ini memadukan kanal informasi konvensional dengan media sosial berbasis teknologi. Wadah yang disediakan untuk ekskul ini adalah social media (Facebook & Instagram), website, mading, buletin, serta Monthly Magazine yang merupakan kegiatan di dalam program unggulan English Enhancement.

2. Math Club with Matematika Nalaria Realistik (MNR)
Klub matematika diisi oleh anak-anak yang memiliki minat dan bakat di bidang matematika. Kegiatan yang ada berupa diskusi, latihan soal, serta persiapan olimpiade berbagai tingkat. Salah satu mitra kerjasama kami adalah KPM (Klinik Pendidikan MIPA) yang merupakan pemegang hak paten Pendekatan Pembelajaran Matematika melalui Nalaria Realistik yang dibentuk dan dipimpin langsung oleh Ir. Raden Ridwan Hasan Saputra M.Si, seorang pelatih dan juri olimpiade matematika internasional. Profil Lengkap

3. Astronomy Gathering (AstroGath)
Kegiatan kumpul disertai pembelajaran bergaya bebas dan non-formal yang mengutamakan tafakur alam. Perkumpulan ini menjadi sarana pengantar untuk siswa yang memiliki minat di bidang astronomi. Materi yang dibawakan oleh Pembina disesuaikan dengan tingkat SMP, dan siswa diberikan kesempatan untuk mengamati benda langit melalui teleskop dan secara bertahap dikenalkan dengan astrofotografi. Sesekali siswa bersama Pembina mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh forum-forum astronomi seperi Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ).

4. English Club
Meskipun seluruh siswa SMP IT Al ‘Ashar mengikuti proses pembelajaran bilingual dan program unggulan English Enhancement, English Club tetap hadir sebagai wadah pengayaan dan aktualisasi diri siswa yang memiliki minat dan bakat dalam Bahasa Inggris. Kegiatan di dalamnya difokuskan pada pengayaan dan pemantapan kemampuan Bahasa Inggris siswa melalui perlombaan dan pelatihan berkala.

5. Karya Ilmiah Remaja (Eksakta dan Sosial)
Karya Ilmiah Remaja (KIR) menjadi salah satu ekskul yang akan mengakomodir minat dan bakat siswa dalam bidang sains eksakta dan sosial. Bentuk kegiatan di dalamnya adalah elektronika dan robotik, riset sosial dan antropologi modern melalui pendekatan analisis sosial, serta penulisan karya tulis ilmiah terbimbing yang nantinya diperlombakan di berbagai tingkat. Kemampuan berpikir abstrak dan kecermatan dalam menganalisis masalah menjadi skill yang dipertajam dalam kegiatan ini.

6. Olahraga
Akan difokuskan pada peminatan futsal dan bola basket yang tentunya sudah tersedia sarana dan prasarana yang memadai.

7. Pena dan Pensil
Merupakan grup kepenulisan yang menghimpun siswa yang memiliki minat dan bakat di bidang sastra. Siswa dibina untuk dapat menghasilkan karya tulis berupa cerita pendek atau bahkan sebuah mini novel.

8. Pramuka
Ekskul yang mengajarkan nilai-nilai, norma, dan pembentukan sikap dan kepribadian peserta didik.

9. IT Club
Perkumpulan siswa yang memiliki minat dan bakat di bidang teknologi komputer baik software maupun hardware. Bukan hanya pemanfaatan komputer untuk proses pembelajaran, siswa juga akan diajak untuk mengeksplorasi potensi komputer dan teknologi informasi untuk kebermanfaatan yang luas.

Yayasan Nurnila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar